Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) pada Materi Penentuan Nilai Fungsi Trigonometri
Keywords:
Hambatan Belajar, Design Didactical Research, Fungsi TrigonometriAbstract
Hambatan belajar merupakan masalah yang umum ditemui dalam suatu proses pembelajaran matematika. Hambatan belajar bisa berasal dari dalam diri peserta didik maupun dari luar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hambatan belajar yang dialami peserta didik pada materi menentukan nilai fungsi trigonometri. Penelitian ini dilakukan di kelas XI F SMA Negeri 5 Kupang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan tes. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan proses didactical design research yang terdiri dari tiga tahapan yaitu prospective analysis (pra-observasi pembelajaran) metapedadidactic analysis (observasi pembelajaran) dan retrospective analysis (pasca observasi pembelajaran). Hasil penelitian ini menunjukkan dalam materi menentukan nilai fungsi trigonometri terdapat hambatan ontogenik yang berkaitan dengan kesiapan mental peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, hambatan didaktis yang berkaitan dengan penyajian materi oleh guru, dan hambatan epistemologis yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep oleh peserta didik. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti menawarkan beberapa rekomendasi untuk mengatasi hambatan yang ada yaitu guru mengirimkan materi sebelum pembelajaran, membagi kelas dalam kelompok diskusi dan melakukan evaluasi setelah pembelajaran.
References
Auliya, R. N. (2016). 2016_Auliya. Jurnal Formatif Jurnal IImiah Pendidikan MIPA, 6(20), 12–22.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(02), 48–60. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.6
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Hrp, N. A. (2020). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Epistemological Obstacle Siswa SMA pada Materi Trigonometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), 547–558. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.547-558
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Lestari, I. (n.d.). PENGARUH WAKTU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR. 3(2), 115–125.
Masta, A. A., Kristanto, Y. D., Yulfiana, E., & Taqiyuddin, M. (2021). Buku Panduan Guru Matematika Tingkat Lanjut Kurikulum Merdeka.
Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293
Sa’adah, A., Ningrum, F. Z., & Farikha, N. (2021). Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNIKAL, 2(1), 167–174. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/556
Sakinah, E., Darwan, D., & Haqq, A. A. (2019). Desain Didaktis Materi Trigonometri dalam Upaya Meminimalisir Hambatan Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 121. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7421
Setiawan, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Book, 09(02), 193–210. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/
Sutrisno, T., Imam, M. C., Nathan, M., & Arifandi, L. (2021). Mengajar Matematika Trigonometri Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Sma Tarakanita Citra Raya. Prosiding SENAPENMAS, 1031. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15137
Widiati, Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 885–892. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.240
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marieta Yetri Padji, Kristoforus Djawa Djong, Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.