Pengaruh teknologi terhadap bentuk karakter siswa siswi sekolah menengah pertama (SMP)
Keywords:
pembentukan karakter, pengaruh teknologi, eradigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaru teknologi terhadap bentuk karakter siswa-siswi SMP. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif munculnya karakter seorang siswa dapat dilihat dari berbagai factor,seperti:perilaku siswa saat proses pembelajaran,latar belakang siswa,motivasi siswa,kompetensi atau kemampuan awal siswa. Dengan teknologi,siswa lebih dapat membentuk karakter pada dirinya masing-masing dengan akses informasi,pengembangan pemahaman,dan penilaan karakter. Namun,penggunaan teknologi yang berlebihan dapat berdampak negative pada karakter siswa,eperti: Anak menjadi emosional,anak menjadi malas mengerjakan kegiatan sehari-hari. Tetapi ada juga dampak postif nya bagi siswa yaitu: Anak jadibijak menggunakan teknologi,mendapatkan pendidikan di bidang teknologi,dan membuatt inivasi dengan memanfaatkan teknologi. Pendidikan karakter yang diterpkan secara berkelanjutan dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosinya bagi anak,kecerdasan emosi ini dapat membantu anak untuk enghadapi tantangan kehidupan,termasuk tantang akademis.Tujuan artikel ini adalah untuk membahas tentang pendidikan karakter siswa dalam pengaruh teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak teknologi terhadap karakter siswa membuat siswa lebih memahami teknologi di era digital,dan strategi pendidikan karakter yang di bentuk di sekolah dapat membuat siswa lebih memahami mendalam tentang teknologi yang semakin berkembang sesuai zaman. Dengan pemanfaatan teknologi di era digital pemanfaatan teknologi sebagai alat pendidikan yang efektif,siswa-siswi lebih dapat membentuk karakter yang kuat dan nilai-nilai positif. Ditengah pesatnya perkembangan teknologi,strategi pendidikan karakter perlu beradaptasi untuk tetap meluas.Perkembangan siswa-siswi sekarang sudah semakin pesat,dari yang awalnya hanya bersosialisasi dengan keluarga di rumah,sekarang berkembang dengan mengenal gaya hidup era digital yaitu dengan adanya kemajuan teknologi.pengalaman dan lingkungan sekitar juga mempengaruhi karakteristik siswa-siswi.
References
(Halawati, 2020)Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51–60. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1561 Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31. https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915 Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell , J . W . ( 2014 ). Research Design : Qualitative , Quantitative and Mixed Methods Approaches ( 4th ed .). Thousand Oaks , CA : Sage. April, 10–12. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40 Nurulita, F., Kamaruddin, K., & Asmini, A. (2023). Analisis Determinan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 11(2), 261–272. https://doi.org/10.58406/jeb.v11i2.1314 Pamungkas, C. (2017). Global village dan Globalisasi dalam Konteks ke-Indonesiaan. Jurnal Global & Strategis, 9(2), 245. https://doi.org/10.20473/jgs.9.2.2015.245-261 SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116. .(Nurulita et al., 2023)Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51–60. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1561 Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31. https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915 Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell , J . W . ( 2014 ). Research Design : Qualitative , Quantitative and Mixed Methods Approaches ( 4th ed .). Thousand Oaks , CA : Sage. April, 10–12. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40 Nurulita, F., Kamaruddin, K., & Asmini, A. (2023). Analisis Determinan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 11(2), 261–272. https://doi.org/10.58406/jeb.v11i2.1314 Pamungkas, C. (2017). Global village dan Globalisasi dalam Konteks ke-Indonesiaan. Jurnal Global & Strategis, 9(2), 245. https://doi.org/10.20473/jgs.9.2.2015.245-261 SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116. (Hikmasari et al., 2021)Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51–60. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1561 Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31. https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915 Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell , J . W . ( 2014 ). Research Design : Qualitative , Quantitative and Mixed Methods Approaches ( 4th ed .). Thousand Oaks , CA : Sage. April, 10–12. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40 Nurulita, F., Kamaruddin, K., & Asmini, A. (2023). Analisis Determinan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 11(2), 261–272. https://doi.org/10.58406/jeb.v11i2.1314 Pamungkas, C. (2017). Global village dan Globalisasi dalam Konteks ke-Indonesiaan. Jurnal Global & Strategis, 9(2), 245. https://doi.org/10.20473/jgs.9.2.2015.245-261 SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116. (Ishtiaq, 2019)Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51–60. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1561 Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31. https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915 Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell , J . W . ( 2014 ). Research Design : Qualitative , Quantitative and Mixed Methods Approaches ( 4th ed .). Thousand Oaks , CA : Sage. April, 10–12. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40 Nurulita, F., Kamaruddin, K., & Asmini, A. (2023). Analisis Determinan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 11(2), 261–272. https://doi.org/10.58406/jeb.v11i2.1314 Pamungkas, C. (2017). Global village dan Globalisasi dalam Konteks ke-Indonesiaan. Jurnal Global & Strategis, 9(2), 245. https://doi.org/10.20473/jgs.9.2.2015.245-261 SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116. (SHELEMO, 2023)Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51–60. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1561 Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31. https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915 Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell , J . W . ( 2014 ). Research Design : Qualitative , Quantitative and Mixed Methods Approaches ( 4th ed .). Thousand Oaks , CA : Sage. April, 10–12. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40 Nurulita, F., Kamaruddin, K., & Asmini, A. (2023). Analisis Determinan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 11(2), 261–272. https://doi.org/10.58406/jeb.v11i2.1314 Pamungkas, C. (2017). Global village dan Globalisasi dalam Konteks ke-Indonesiaan. Jurnal Global & Strategis, 9(2), 245. https://doi.org/10.20473/jgs.9.2.2015.245-261 SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.×(pamungkas 2017)×
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 netti marini, zihan vinky, fiony lumongga Limbong, tisya fahrunisa siregar, Siti rahayu manurung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.