MEMBANGUN GENERASI LITERASI: PERAN CERITA PENDEK DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BALIKPAPAN
Keywords:
cerita pendek, Minat Baca, literasiAbstract
Minat membaca siswa merupakan fondasi penting dalam meningkatkan literasi dan kemampuan belajar siswa, Namun, masih banyak siswa yang kurang tertarik membaca karena pengaruh teknologi dan kurangnya bahan bacaan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menganalisis peran cerita pendek dalam meningkatkan minat baca siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Balikpapan. Cerita pendek dipilih karena sifatnya yang singkat, menarik,dan sarat akan pesan moral, sehingga berpotensi menjadi media literasi yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terstruktur dengan siswa kelas XI G sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita pendek dapat meningkatkan minat baca siswa karena alur cerita yang sederhana, tema yang sesuai, dan pesan moral yang inspiratif. Siswa juga merasa cerita pendek membantu mereka untuk memahami isi bacaan dengan lebih baik, melatih kemampuan berpikir kritis, dan memperkaya kosa kata. Namun, beberapa siswa menyarankan agar cerita pendek dilengkapi ilustrasi dan mengangkat tema yang lebih dekat dengan kehidupan mereka. Kesimpulannya, cerita pendek merupakan media yang efektif untuk meningkatkan minat baca sekaligus membangun keterampilan literasi siswa, asalkan sesuai dengan kebutuhan minat mereka.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV jejak (Jejk Publisher).
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50-58. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/271
Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA),4(2), 161-1174. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/194
Eliana, N. (2021). Pemanfaatan Cerita Pendek Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Paragraf. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 39-55
Febrina, L. (2017). Pengaruh Minat Baca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 11(74), 113-124 https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/81
Herliyanto. (2015). Membaca pemahaman dengan Strategi KWL. Sleman: Deepublish
Ngurah Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkulitas. Jurnal Penjaminan Mutu,3(02), 154-163.https://doi.org/10.25078/Jpm.V3i2.195
Noviyanti, D., Karim, A. A., Nurfadilah, A., Munawaroh, S., Aghnia, S.F., & Yuliani, Y. (2020). Meningkatkan Daya Pemahaman Melalui Media Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Alam Karawang. Proceedings Universitas Pamulang,1(2). 249-254. https://www.researchgate.net/profile/Ahmad-Karim/publication/363644421_MENINGKATAN_DAYA_PEMAHAMAN_MELALUI_MEDIA_CERITA_PENDEK_SISWA_KELAS_VIII_SMP_ALAM_KARAWANG/links/632720b7873eca0c0098d219/MENINGKATAN-DAYA-PEMAHAMAN-MELALUI-MEDIA-CERITA-PENDEK-SISWA-KE
Putri, B.A.T. (2023). ANALISIS MINAT MEMBACA CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(1). https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/2038
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/glasser/article/view/1481
Zelpamailiani. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Gugus IV di Kecamatan Koto XI Tarusan. Workshop inovasi pembelajaran di sekolah dasar, 3(4), 2013-2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Revina Ananda isnaini Revina Ananda Isnaini, Kiftian Hady Prasetya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.