EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN TRADISIONAL KHAS BETAWI

Authors

Keywords:

Etnomatematika; Betawi; Aritmatika

Abstract

Etnomatematika adalah studi yang mengaitkan ilmu matematika dengan berbagai aspek budaya untuk memahami hubungan di antara keduanya. Dalam artikel ini penyusun mengaitkan dengan jajanan tradisional khas betawi yaitu jajanan pasar seperti kue rangi, kue lupis, dan kerak telor. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Perkampung Budaya Betawi Setu Babakan yang terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengolah penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Objek pada penelitian ini merupakan para pedagang di Kawasan Perkampung Budaya Betawi dimana sample yang diambil yaitu pedagang yang pada barang daganganya ada menjual seperti kue rangi, kue lupis, dan kerak telor. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada jajanan tradisional betawi tersebut melakukan penerapan konsep aritmatika dalam mendapatkan perhitungan nilai untung dan rugi. Konsep aritmatika meliputi sebagai berikut yaitu operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dan kemudian terbentuklah sebuah harga atau nilai baru dari kumpulan bahan – bahan dasar sebelum diolah menjadi bentuk jajanan tersebut diatas, di mana di dalam kehidupan social dan berbudaya kita disebut dengan harga kue lupis, kue rangi, maupun kerak telor.

References

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan kemampuan matematis siswa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 2(2), 145–165.

Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis kesulitan siswa belajar operasi hitung perkalian pada pembelajaran matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 945–957. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4549

Ego, I. D., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh kebiasaan berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 197–202. https://doi.org/https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4715

Fitriani, D., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 18.

Hutauruk, A. J. (2020). Karakteristik etnomatematika dalam pembelajaran sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics, 1(1), 58–62.

Mahira, T., Salsabila, A., Alia, H., Harwiya, T. A., Suhendri, H., & Mulyatna, F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9, 321–328. https://doi.org/https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6495

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2477

Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: makanan tradisional Bugis sebagai sumber belajar matematika. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 307–328. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10

Saputra, F. A. (2024). NILAI-NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT BETAWI DILIHAT DARI MAKANAN KHAS TRADISONAL. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 94–109. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4340

Shavira, L. E. (2021). Penggunaan alat peraga ABD Ajaib dalam pembelajaran matematika realistik berbasis budaya. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 225–235. https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8850

Sumarno, F. F., & Suparman, S. (2024). Tren Riset Ethnomatematics Dalam Dunia Pendidikan Menggunakan Bibliometrics Analysis dari tahun 2000-2023. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 13(1).

Sustriani, N., & Nst, A. S. (2022). Etnomatematika Bentuk Jajanan Pasar Tradisional Di Kota Medan. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 82–96.

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi limit fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409–414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414

Downloads

Published

2024-12-06