UPAYA PEMBERDAYAAN ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN EDUKASI PARENTING DI SDN 001 BALIKPAPAN TIMUR

Authors

  • Sugianto Sugianto Universitas Balikpapan
  • Rahayu Sri Waskitoningtyas Universitas Balikpapan

Keywords:

Edukasi Parenting, Orang tua, Sekolah Ramah Anak

Abstract

Tujuan pengabdian ini 1) supaya para orang tua untuk meningkatkan pemahaman edukasi parenting di SDN 001 Balikpapan Timur. Pengabdian ini dilakukan di sekolah SDN 001 Balikpapan Timur. Subyek sasarannya yaitu orang tua siswa, dengan mengambil sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya meliputi (a) kondensasi Data (data condensation) mengacu pada proses pemilihan, penyederhanaan, pemfokusan, abstrak, dan transformasi data-data melalui catatan lapangan baik tertulis, Foto, transkip wawancara; (2) Data Display uraian singkat dengan teks yang bersifat naratif ; dan (3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi menemukan temuan baru yang belum pernah ada. Keabsahan data bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada.  Sedangkan untuk menguji, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil pengabdian ini yaitu peningkatan pemahaman orang tua mengenai edukasi parenting di SDN 001 Balikpapan Timur dan (2) Orang tua sadar bahwa edukasi parenting sangat bermanfaat untuk siswa sekolah ramah anak.

References

Amrullah M, & Hikmah K. (2019). Pendidikan Ramah Anak dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8 (1): 1–7. Available from: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1883

Andriyan D, Trihantoyo S. (2021). Pengelolaan Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidik, 9 (3): 689–94. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/40012/34862

Casmudi, Sugianto, & Waskitoningtyas. (2023). Proses Pembelajaran dI Era Industri 4.0 . Yogyakarta: Deepublish.

Chairiyah C, Nadziroh N, & Pratomo W. Sekolah Ramah Anak Sebagai Wujud Perlindungan Terhadap Hak Anak Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7 (3): 1213–8. Available from: https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10229

Dewangga et al. (2023). Mencegah Keparahan Cedera dengan Pemberian Edukasi Penanganan Cedera Akut Pada Komunitas Parkour. KONTRIBUSI Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1): 88-97. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.285

Fatikhurrizqi, A., & Kurniawan, B.D. (2022). Peran Bantuan Sosial dalam Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Jawa Timur Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics 2022, 2022(1): 1027-1035. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1322

Lestariningrum et al.(2022). Pelayanan Sekolah Ramah Anak Melalui Penerapan Parenting Orang Tua. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 2 (6): 300–6. Available from: https://doi.org/10.59818/jpm.v2i6.351

Na’imah T, Widyasari Y, & Herdian H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2): 747. Available from: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/283/pdf

Pratama RA, Waskitoningtyas RS, & Permatasari BI. (2019). Pengembangan Metode HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Balikpapan. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2: 84–98. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Putrianti et al. (2024). Pengaruh Edukasi Kesehatan Melalui Media Visual Poster di Posyandu Jatinangor Terkait Penyakit Tuberkulosis pada Anak. KONTRIBUSI Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(2): 364-377. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.412

Putriyanto, T., Badu, L.W., & Achir, N. (2023). Kendala Penggunaan CCTV Oleh Penyidik Dalam Mengungkap Tindak Pidana Penganiayaan. Journal Of Comprehensive Science, 2(4): 963-970. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.305

Qamaria et al. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. KONTRIBUSI Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1): 33-46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265

Richrd, S.D, & Permatasari, N.S. (2015). Faktor Faktor Meningkatkan Kecemasan Pada Wanita Menopouse. Jurnal Penelitian, 1(2): 187–95. https://doi.org/10.32660/jurnal.v1i2.39

Safitri E., & Fatmawati, S. (2023). Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Anak. BUNAYYA Jurnal Pendidikan Islam Anak usia Dini, 2(2): 20-30. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/193/176

Senowarsito, S., Nugrahani, D., & Candra, A. (2012). Parenting Untuk Anak Usia Dini. E-Dimas, 3(2): 52. Available from: https://doi.org/10.26877/edimas.v3i2.1550

Sholikha. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2): 178-191. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9437

Waskitoningtyas, R.S., & Damayanti, H. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Pada Materi Logarisma Kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan. Kompetensi, 16 (2): 392–401. Available from: https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.206

Waskitoningtyas RS, Susilo G, & Permatasari BI. (2022). Proses Layanan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak di Gunung Sari Ilir. Jurnal SOLMA, 11 (3): 431–40. Available from: https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10497

Tusriyanto. (2020). Pengembangan SRA Di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Riayah, 5 (1): 2548–6446. Available from: https://e-journal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/2297/1712

Downloads

Published

2024-12-06