PERAN GURU DALAM MEMBANGUN INTEGRITAS SISWA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DAN MORAL DI SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN

Authors

  • Kiftian Hady Prasetya Universitas Balikpapan
  • Ika Septiani Taufan Universitas Balikpapan

Keywords:

peran guru, integritas siswa, pendidikan karakter dan moral

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan Peran Guru Dalam Membangun Integritas Siswa Melalui Pendidikan Karakter Dan Moral Di Sma Negeri 2 Balikpapan. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Guru BK. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Temuan penelitian ini adalah Peran Guru Dalam Membangun Integritas Siswa Melalui Pendidikan Karakter Dan Moral dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memegang peran yang sangat penting dalam membentuk integritas siswa, baik sebagai pendidik maupun sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru melalui berbagai kegiatan di kelas, diskusi, serta kegiatan ekstrakurikuler terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan rasa hormat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan dalam membangun integritas siswa melalui pendidikan karakter dan moral memerlukan peran aktif guru sebagai teladan, serta dukungan dari orang tua dan komunitas untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter yang baik pada siswa.

References

Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27655

Fiqri Kukuh Rahma Linda. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(3), 2013–2015. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57112

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter di SMA (Studi pada SMAN dan MAN di Jakarta). TARBAWI : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(2), 191–212. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tarbawi/article/view/1230

Lorensius. (2024). PERAN GURU PENGGERAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12489

Mamonto, F. H., Sufitriyono, S., & Mesra, R. (2023). Persepsi Mahasiswa FISH UNIMA tentang Implementasi Materi Mata Kuliah dalam Pembentukan Karakter dan di Kehidupan Sosial. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 382–391. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4603

Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586

Tripusa, A., Mashudi, & Aminuyati. (2018). Peran Guru Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Smp Negeri 24 Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(8), 1–9. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/2062/1453

Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas dalam Pendidikan Karakter Siswa. Journal on Education, 5(3), 9768–9775. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1795

Yani, S., Kusen, K., & Khair, U. (2020). Kebijakan Sekolah Dalam Penerapan Karakter Disiplin Siswa Di Sdn 77 Rejang Lebong. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 99–115. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.102

Zaenuri, & Siti Fatonah. (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 181–190. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.284

Downloads

Published

2024-12-06