PERAN GURU DALAM MEMBANGUN INTEGRITAS SISWA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DAN MORAL DI SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN
Keywords:
peran guru, integritas siswa, pendidikan karakter dan moralAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan Peran Guru Dalam Membangun Integritas Siswa Melalui Pendidikan Karakter Dan Moral Di Sma Negeri 2 Balikpapan. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Guru BK. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Temuan penelitian ini adalah Peran Guru Dalam Membangun Integritas Siswa Melalui Pendidikan Karakter Dan Moral dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memegang peran yang sangat penting dalam membentuk integritas siswa, baik sebagai pendidik maupun sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru melalui berbagai kegiatan di kelas, diskusi, serta kegiatan ekstrakurikuler terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan rasa hormat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan dalam membangun integritas siswa melalui pendidikan karakter dan moral memerlukan peran aktif guru sebagai teladan, serta dukungan dari orang tua dan komunitas untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter yang baik pada siswa.
References
Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27655
Fiqri Kukuh Rahma Linda. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(3), 2013–2015. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57112
Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter di SMA (Studi pada SMAN dan MAN di Jakarta). TARBAWI : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(2), 191–212. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tarbawi/article/view/1230
Lorensius. (2024). PERAN GURU PENGGERAK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12489
Mamonto, F. H., Sufitriyono, S., & Mesra, R. (2023). Persepsi Mahasiswa FISH UNIMA tentang Implementasi Materi Mata Kuliah dalam Pembentukan Karakter dan di Kehidupan Sosial. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 382–391. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4603
Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586
Tripusa, A., Mashudi, & Aminuyati. (2018). Peran Guru Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Smp Negeri 24 Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(8), 1–9. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/2062/1453
Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas dalam Pendidikan Karakter Siswa. Journal on Education, 5(3), 9768–9775. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1795
Yani, S., Kusen, K., & Khair, U. (2020). Kebijakan Sekolah Dalam Penerapan Karakter Disiplin Siswa Di Sdn 77 Rejang Lebong. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 99–115. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.102
Zaenuri, & Siti Fatonah. (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 181–190. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.284
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kiftian Hady Prasetya, Ika Septiani Taufan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.