KEGIATAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA SEBAGAI SARANA PENGUATAN LITERASI LISAN DI SANGATTA KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Sesi Marselina Sinambela Universitas Balikpapan
  • Ari Musdolifah Universitas Balikpapan
  • Besse Intan Permata Sari Universitas Balikpapan

Keywords:

Literasi Lisan, Debat, Keterampilan Berbicara.

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berbicara serta berpikir kritis dan analitis siswa melalui perlombaan debat. Permasalahan yang dihapdapi siswa dan guru saat ini adalah masih rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam kegiatan belajar mengajar maupun pada kegiatan di luar jam belajar. Dengan mengadakan perlombaan debat diharapkan seluruh siswa SMK Sangatta Kalimantan Timur dapat meningkatkan literasi lisan yaitu keterampilan berbicara. Sehingga hal ini akan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Metode pelaksaan yang dilakukan terdiri dari empat tahap, yaitu (1) Tahap Persiapan, (2) Tahap Pelaksanaan (3)Tahap Evaluasi (4) Tahap Penyusunan Laporan. Adapun subjek pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada siswa SMK Sangatta Kalimantan Timur. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan diketahui bahwa dengan mengadakan pelatihan perlombaan debat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Sehingga dapat disimpulkan salah satu cara yang paling efektif untuk meningatkan keterampilan berbicara siswa adalah dengan mengadakan perlombaan debat di kelas maupun di luar kelas.

References

Anggraini, S. (2016). Budaya Literasi Dalam Komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 181–279.

Evi Satispi, K. (2019). Kemampuan Berbicara Debat Mata Kuliah Pengembangan Media Berbasis Ti. IV.

Febriani, M., & Nugraha, C. (2018). Penguatan Literasi Lisan Melalui Kompetensi Debat Bahasa Indonesia Dengan Sistem Debat Nusantara Tingkat Smk Di Kota Tegal. Snkppm, 1, 40–43. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/view/19%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/download/19/19

Hapsari, N. K. A. W., Sastromiharjo, A., & Cahyani, I. (2022). Debat Asian Parlementer Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Pada Siswa Sma. Riksa Bahasa, 121–128. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa

Nisa, K., & Nasution, W. N. A. (2019). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Perlombaan Debat. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat., 1(1), 18–22.

Nugroho, W., Afidah, F., Kudori, M. N., Leviliano, T. F., Prasojo, H. R., Anindya, A., & Agoestin, A. A. (2023). Peningkatan Potensi Wisata Umbulan Desa Jajar Melalui Pendampingan Pengelolaan Ekowisata Berbasis Industri Kreatif Desa Wisata Kabupaten Trenggalek. Abdimas Universal, 5(2), 289–296. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i2.345

Puspita, R., Purwadi, A. J., & Kurniawan, R. (2021). Pembelajaran Debat Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 130–141. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.12609

Rohimawati, U. (2019). Menyimak Debat. https://osf.io/preprints/inarxiv/2v4j8/%0Ahttps://osf.io/preprints/inarxiv/2v4j8/download

Sutanto, P. (2018). Panduan pelaksanaan lomba debat Bahasa Indonesia (LDBI) 2018. https://repositori.kemdikbud.go.id/10209/%0Ahttps://sma.kemdikbud.go.id/data/files/pengumuman/Panduan Pelaksanaan LDBI 2018.pdf

Tarigan. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat Dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik Pada Mahasiswa Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 92.

Downloads

Published

2024-12-06