DESKRIPSI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KAHOOT PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BALIKPAPAN
Keywords:
Problem-Based Learning (PBL), Kahoot, Penerapan Konsep TrigonometriAbstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan potensi individu, khususnya dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0. Matematika sebagai ilmu dasar seringkali dianggap menantang oleh siswa, terutama karena metode pengajaran yang monoton dan kurang menarik. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menggabungkan model Problem-Based Learning (PBL) berbasis platform digital seperti Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran PBL berbasis Kahoot pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 4 Balikpapan, mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta menilai dampaknya terhadap pemahaman konsep trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data utama hasil wawancara, observasi dan dokumen pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi PBL dengan Kahoot mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, meningkatkan motivasi siswa, serta memperkuat pemahaman konsep trigonometri. Penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran digital memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi sejalan dengan selera siswa generasi digital.
References
Alex, M., Buana, T., Luhur, T. A., Rifdan, M., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game “Ular Tangga” Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA. Kebumian Dan Angkasa, 2(4), 137–149. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i4.166
Asindo Seran, W., Sonia Manek, S., & Sarlin Asa, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Kahoot terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. 2, 326–338. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i2.731
Cahyani, D., Arprizal, & Desmineli. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Untuk SMA Negeri 4 Kota Jambi. Journal Of Social Science Research, 3, 9348–9362.
Hairunnisa, Permatasari, B. I., Alipatan, M., & Ismiyati, N. (2024). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 7(2), 158–163. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646
Hasanah, U., Safitri, I., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. 1(3), 204–211.
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.791
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135–148. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295
Rerika Landaini Putri, Angel Maria V. K, & Hery Setiyawan. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Digital Game Based Learning (DGBL) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(3), 118–128. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i3.889
Sadiyah, S., Maspupah, M., & Yuliawati, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Game-Based Learning (GBL) Berbantu Wordwall pada Materi Ekosistem. Tahun, 2. http://jurnal.anfa.co.id
Saelan Malewa, E., & Al Amin, M. (2023). Penggunan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat di UPTD SD Negeri 65 Barru.
Wahyuni, F. T., & Sholichah, N. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 1(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i3.273
Zuhri, S., Gedangalas, S., Gajah, K., & Demak, K. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar PPKn melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot di Kelas V Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 18. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7739
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Olivia Krisjayanti, nur ismiyati, Ganjar Susilo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.