PERAN METODE “SUCCESS STORY” DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA

(STUDI PADA MAHASISWA ITB NOBEL INDONESIA KOTA MAKASSAR)

Authors

  • Bahrul ulum Ilham ITB Nobel Indonesia Kota Makassar

Keywords:

wirausaha, mahasiswa, success story, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran metode success story pelaku UMKM dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan secara purposive diambil dari 40 orang mahasiswa ITB Nobel Indonesia yang mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaparan success story pelaku UMKM pada mahasiswa tidak hanya meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa, tetapi juga mengubah persepsi mereka terhadap risiko dan tantangan bisnis. Narasi pelaku UMKM berhasil mentransfer nilai-nilai kewirausahaan, membangun kepercayaan diri, dan mendorong kreativitas mahasiswa. Kesimpulannya, metode success story efektif sebagai media pembelajaran kewirausahaan yang dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa untuk memulai usaha.

References

Affandi, L. H., Sutajaya, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2023). Refleksi Kritis Atas Penyelenggaraan Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 821–828. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1329

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT Raja Grafindo Persada.

Arthadia, K. (2023, October 12). Memotivasi dan Membimbing Generasi Muda: Pentingnya Berbagi Tips Sukses. Https://Www.Okocenews.Com/Belajar-Bisnis/42010479437/Memotivasi-Dan-Membimbing-Generasi-Muda-Pentingnya-Berbagi-Tips-Sukses.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W. H. Freeman and Company.

Boldureanu, G. , I. A. , B. A. , B.-G. M. , & B. D. (2020). Entrepreneurship Education through Successful Entrepreneurial Models in Higher Education Institutions. Sustainability.

Creswell, J. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. PT Pustaka Pelajar.

Damayanti, I., Negeri, S., Jukukang, P. ’, Selatan, S., & Sinring, A. (2023). Analisis Kisah Sukses Bisnis Online Wirausaha Muda (Studi Kasus Terhadap 2 Pengusaha Muda Sukses Di Makassar). In Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences (Vol. 2, Issue 2).

Giagtzi, Z. (2013). How perceived feasibility and desirability of entrepreneurship influence entrepreneurial intentions: A comparison between southern and northern European countries. http://www.gesis.org/en/eurobarometer/home/2

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan (1st ed.). Penerbit Erlangga.

Ilham, B. U. (2023). Pendampingan UMKM Naik Kelas (Ahmad Firman, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Nobel Press.

Ilham, B. ulum. (2012). Saatnya Wirausahawan Muda (Sekelumit Pengalaman Pelatihan SIYB ILO Program EAST Sulawesi Selatan) (1st ed., Vol. 1). LPB Makassarpreneur.

Irawan, P., Purwandari, E., Ratu, L. P., & Khoirudin, A. (2023). The Role of Entrepreneurship Learning in Growing Student Entrepreneurial Interest. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8, 97–106. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE

Kaelola, A. (2018). Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng. Anak Hebat Indonesia.

Lesmana, A. (2022). PENGARUH FAKTOR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MASYARAKAT KOTA PASIR PENGARAIAN. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 04(01).

liputan 6. (2016, April 22). Success Stories Jadi Faktor Penting Menjadi Entrepenuer. Https://Www.Liputan6.Com/Lifestyle/Read/2465517/Success-Stories-Jadi-Faktor-Penting-Menjadi-Entrepenuer.

Murtini, W. (2008). Success Story Sebagai Pendekatan Pembelajaran Kewirausahaan. Varia Pendidikan, 20(2), 173–183.

Ningsih, S. U. D. (2021). KEWIRAUSAHAAN (1st ed.). Unpam Press.

Noerchoidah, N. T. A. (2022). PENGUATAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK SEBAGAI PENENTU KINERJA UKM. Buletin Bisnis & Manajemen, 8, 113–124.

Pambudi, A. S., Deni, Hidayat, R., & Desak, M. A. C. P. (2023). Success Story Pengawasan Eksternal Publik di Daerah. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Politis, D. (2005). The Process of Entrepreneurial Learning: A Conceptual Framework. Entrepreneurship Theory and Practice, 29, 399–424.

Prabowo, P. (2024). Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan Pengaruh Video Wawancara dan Kisah Sukses Pengusaha terhadap Pengenalan Peluang Bisnis. 12(1), 408–416. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1088

Rae, D., & Carswell, M. (2000). Using a life-story approach in researching entrepreneurial learning: The development of a conceptual model and its implications in the design of learning experiences. Education + Training, 42(4–5), 220–228. https://doi.org/10.1108/00400910010373660

Sembiring, T. B., Irmawati, Sabir. Muhammad, & Tjahyadi, I. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik) (B. Ismaya, Ed.). Saba Jaya Publisher.

Suryana. (2011). Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses (Revisi). Salemba Empat.

Yulianto, S. (2015). Pengaruh Penyampaian Success Story Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin S1 Unnes [Skripsi]. Univrsitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2025-02-04