STRATEGI MENGATASI GANGGUAN KONSENTRASI SISWA SMK MIGAS BALIKPAPAN DALAM PEMBELAJARAN

Authors

Keywords:

strategi, mengatasi, gangguan, konsentrasi, belajar

Abstract

Pentingnya meningkatkan konsentrasi belajar sisiwa,khusus nya dalam pembelajaran matematika di kelas x tab  smk migas balikpapan, yang sering dianggap sulit dan menantang. Faktor internal seperti rendahnya minat,learning gap,dan kecemasan,serta faktor eksternal seperti lingkungan yang tidak kondusif dan metode pengajaran yang kurang fleksibel, menjadi hambatan utama konsentrasi.

Guru dapat mengatasi tantangan ini dengan strategi sepeti menciptakan suasana kelas yang nyaman, menggunakan metode pembelajaran bervariasi(diskuisi,proyek,eksperimen)dan teknologi interaktif (e-learning,gamifikasi),personalisasi materi,manajemen waktu yang efektif,aktivitas nya juga dinilai penting

Pendekatan ini bertujuan untuk membantu siswa fokus,memahami materi,dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dengan kombinasi metode tradisional dan teknologimodren pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik.

References

Rehani, A., & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 487-496. https://doi.org/10.58230/27454312.273

Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis kesiapan dan hambatan siswa smk dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 82-88.

Rubai, R., Yunianta, T. N. H., & Wahyudi, W. (2015). Strategi Guru Matematika dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bagi Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 31(1), 32-42. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i1.p32-42

Itsar, P. A., Afifah, N. R., & Purrani, M. R. (2023). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9.

Permata, E. I., Sunandar, S., & Endahwuri, D. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(6), 473-484. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6719

Riinawati, R. (2021). Hubungan konsentrasi belajar siswa terhadap prestasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305-2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886

Abdurrahman, S., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444-6454. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1964

Suzana, Y., & Maulida, I. (2019). Mengatasi Dampak Negatif Diskalkulia Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(01), 15-26. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1661

Utami, A. P. (2020). Kesulitan belajar: Gangguan psikologi pada siswa dalam menerima pelajaran. ScienceEdu, 2(2), 92-96. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15060

Downloads

Published

2024-12-06