PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DI SMP NEGERI 18 BALIKPAPAN
Keywords:
Pemanfaatan Canva, Media, Partisipasi Siswa, Pemanfaatan canva, media, partisipasi siswaAbstract
Di era digital ini, kemajuan teknologi telah mentransformasi setiap bidang kehidupan di dunia, termasuk pendidikan. Perkembangan teknologi yang semakin maju telah membawa reformasi dalam proses belajar mengajar. Canva merupakan salah satu media yang sering digunakan oleh para pendidik karena menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk merancang pembelajaran yang efektif dan menarik. Penelitian ini dirancang untuk membantu pendidik dalam merancang dan merencanakan jenis bahan yang akan digunakan sebagai bahan ajar yang berpusat pada siswa. Artikel ini mengadopsi penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan temuan tersebut, Canva memberikan manfaat yang efektif bagi pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan minat belajar siswa melalui materi yang diberikan oleh pendidik dan mendorong siswa untuk lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan Canva sebagai media pembelajaran meningkatkan minat siswa terhadap materi yang disampaikan, meningkatkan keterlibatan siswa melalui partisipasi dalam diskusi dan kegiatan P5. Namun sebagian guru masih kesulitan dalam menggunakan fitur-fitur Canva sehingga sebagian hanya menggunakan template yang tersedia di desktop dan smartphone Canva. Selain itu, kekhawatiran penggunaan materi yang monoton dapat menimbulkan kebosanan dan berkurangnya minat siswa. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya pelatihan atau pengembangan strategi pembelajaran yang lebih beragam seperti penggunaan permainan bergaya kuis dan pemberian tugas kelompok kepada siswa untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
References
Afianti, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran. EduTech Journal, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.62872/mp5y5475
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Asiah, A., & Vitriani, V. (2024). Pemanfaatan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 15 Pekanbaru. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 13–23. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i2.69
Divia, B., Syarifah, L. R., Marcella, I., & Ramadhan, E. F. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas 4 Sd Muhammadiyah. 1980–1989.
Fadila, S. A., & Sylvia, I. (2024). Upaya Peningkatan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Fase E Melalui Media Teka-Teki Silang dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament di SMA Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik. 3, 309–317.
Fitriani, R., Sitorus, F. R., -, S., & Khairani, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Variatif Dengan Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 6(1), 38–46. https://doi.org/10.34012/bip.v6i1.4658
Ikhsan Ibrahim, M., Muh Dinar, dan, Matematika, J., Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., & Negeri Makassar, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Partisipasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Issues in Mathematics Education (Hal, 1(1), 26–32. http://www.ojs.unm.ac.id/imed
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 127–134. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/issue/view/12
Iskandar, S., Rosmana, P. S., & Putri, H. I. (2024). Peran Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Positif di Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 25762–25770. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16286
Kinanti, P., Suryaning Ramadhani, P., Tri Lestari, W., Najwa Zulfa, A., Pembangunan Nasional, U., Fatmawati Raya, J. R., Labu, P., Cilandak, K., Jakarta Selatan, K., & Khusus, D. (2024). Canva Menjadi Sarana Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 85 Jakarta. Journal on Education, 06(04), 20124–20132.
Putri, N. A., Hayadi, B. H., & Irfan, M. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Informatika Kelas XI MA Al - Khairiyah Pipitan. 8, 39213–39220.
Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429
Romadhoni, A. M. . (2024). (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Pembelajaranuntuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar. Urnal Citra Pendidikan, 4(1), 1561–1569. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/3094/872
Siburian, R., & dkk. (2024). Siburian, dkk. Prosiding Seminar Nasional Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas dan Ketertarikan Siswa dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Dan Riset IKIP PGRI Bojonegoro, 1246–1254. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2548
Silahuddin, A., Misbahul, S., Gumawang, U., Desa, B. J. I., Merah, T., Belitang, K., Raya, M., Oku, K., & Sumatera-Selatan, T. P. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, Dan Fungsi Media Pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(02 Desember), 162–175. https://jurnal.insanprimamu.ac.id/index.php/idaarotul/article/view/244
Tantri Widyasari, & Lilik Mukayati. (2021). Pemanfaatan Media Bimbingan Dan Konseling Berbasis Teknologi Di Sekolah. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.385
Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2907
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yenre, M. A., Jannatul, Abuhair, M., Khumairah, S., B, N., Rohayunillah, A., & Faharuddin, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah UNISMUH Makassar. 1–6.
Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 247–257. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Surya Saputra, Prita Indriawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.