OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL INQUIRY BASE LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 7 BALIKPAPAN
Keywords:
optimalisasi, inkuiri, ekonomiAbstract
Melalui penggunaan model pembelajaean inkuiri, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa ekonomi kelas XI E-1 SMA N 7 Balikpapan pada semester genap tahun ajaran 2024–2025. Alat yang digunakan adalah Tes Hasil Belajar Ekonomi yang diambil dari hasil belajar siswa. Berikut ini adalah temuan penelitian setelah penerapan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri di kelas ekonomi. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan berupa penggunaan metode pembelajaran inkuiri pada pelajaran ekonomi sebagai berikut: (1) Pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran; (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk membekali generasi penerus agar berhasil di dunia kontemporer; (3) Kemampuan berpikir kritis siswa berbeda sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri; (4) Pendekatan pembelajaran inkuiri memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa; (5) Tingkat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penggunaan media dalam pendekatan pembelajaran inkuiri lebih unggul daripada teknik pembelajaran tradisional. Pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri dapat disempurnakan lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata kuliah ekonomi, serta dalam topik lain, bukan hanya konten tentang pemecahan masalah ekonomi. Guru harus mempersiapkan diri secara menyeluruh, sebagaimana diuraikan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan menyediakan sumber daya pendukung yang memadai untuk menerapkan metode inkuiri dengan sukses dan efisien.
Kata Kunci : optimalisasi, inkuiri, ekonomi
References
Apriliani, N. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Peserta Didik Tingkat SMA. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(1), 121-130.
Apriliyanto, H. K., & Harsoyo, Y. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 16(2), 9-21.
Hartono, R. (2022). Penelitian Tindakan Kelas: Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Progressive of Cognitive and Ability, 1(2), 188-197.
Indah, O. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra Materi Industri Keuangan Non-Bank Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Lase, A., & Ndruru, F. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35-44.
Piranita, E. R., Hidayat, N., & Zainal, V. Y. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Ekonomia: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1-12.
Samosir, A., Saragih, D., Sidabutar, F. P., & Sitorus, M. R. (2022). Peningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pelajaran IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas V SD Negeri 091711 Pasar Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Journal on Education, 4(4), 1650-1653.
Sari, W. E., SOENARKO, B., & BASORI, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry pada Materi IPS Untuk Mengenal Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, dan Agama (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Firman Firman, Ririn Suyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.