PENDIDIKAN KARAKTER DAN MORAL

Authors

  • Amiruddin Amiruddin SMA ITCI ARSARI Penajam Paser Utara

Keywords:

Pendidikan karakter, pendidikan moral, pembentukan sikap, nilai-nilai moral, kurikulum

Abstract

Pendidikan karakter dan moral merupakan bagian integral dari proses pendidikan yang bertujuan untuk membentuk individu dengan kepribadian yang baik, berbudi pekerti luhur, serta mampu berinteraksi secara positif dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan karakter dalam membentuk sikap moral peserta didik di lingkungan sekolah. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan pendidik, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah tidak hanya berfokus pada pengembangan aspek kognitif, tetapi juga pada pembentukan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan toleransi. Selain itu, peran orang tua dan lingkungan sosial juga menjadi faktor penting dalam mendukung proses pendidikan karakter. Pendidikan moral yang efektif memerlukan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembentukan karakter yang kuat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter yang holistik dan terintegrasi dalam kurikulum memiliki dampak positif terhadap pembentukan moral peserta didik, yang pada gilirannya dapat menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga bermoral dan bertanggung jawab.

References

Ryan, K. & Bohlin, K. (2000). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. Jossey-Bass.

Koesoema, A. (2013). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Era Global. Grasindo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2010). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Aristotle. (2002). Nicomachean Ethics (Terjemahan: Etika Nikomachea). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Suhendra, Asep. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah: Implementasi, Strategi, dan Tantangan. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, A. (2018). Pendidikan Moral dan Etika: Perspektif dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kohlberg, Lawrence. (1981). Essays on Moral Development: The Philosophy of Moral Development. San Francisco: Harper & Row.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sutarto, Danang. (2020). "Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sehari-hari di Sekolah". Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45-61.

Budimansyah, Dedi. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Niemi, Hans. (2010). "Moral Education and Character Development in the School". Journal of Moral Education, 39(4), 411-426.

Hurlock, Elizabeth B. (1996). Child Development. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa, E. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2005). Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mastuhu. (2000). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Psikologi dan Filsafat. Jakarta: Rajawali Pers.

Schwartz, M., & Heller, D. (2008). "Teaching Character Education: A Critical Review of Methods". Journal of Character Education, 4(2), 57-75.

Downloads

Published

2024-12-06